ENJOY THE TIME

Friday, December 18, 2015

cara pengereman motor

CARA PENGEREMAN MOTOR


Pengereman  adalah teknik dasar dalam mengendarai motor, hal ini menjadi faktor utama dalam keselamatan berkendara.
"Sebelum berkendara pastikan fungsi rem bekerja dengan baik termasuk kondisi kampas rem, tidak ada kebocoran rem."
"Rem depan dan rem belakang harus berfungsi dengan baik."
"Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan di depan untuk menghindari pengereman mendadak"

Berikut cara pengereman pada beberapa kondisi jalan:

1. Pengereman kondisi normal:
    Untuk kondisi normal, pengereman selalu kombinasi antara rem depan-belakangSaat berada di trek jalan       lurus, pengereman diusahakan lebih memperkuat rem depan dibanding rem belakang. 

2. Pengereman saat jalan berpasir atau ada ceceran oli 
   Turunkan  kecepatan motor, agar pengendara tidak melakukan pengereman mendadak saat ada ceceran oli  atau      berpasir. 
   lakukan pengereman  bertahap
   jangan memaksakan diri untuk mengerem depan sekuat tenaga. Risiko terjungkal.


3. Mengerem saat tikungan
   Secara teori, rem hanya digunakan menjelang masuk tikungan untuk memperlambat laju. Begitu sudah                  masuk tikungan, justru lakukan akselerasi agar cengkeraman roda depan semakin baik.   Banyak yang salah, saat    berada di tikungan malah melakukan pengereman. resiko terjungkal bila penggunaan hanya rem depan, gunakan    rem belakang jangan sampai ban ngeblock/terkunci

4. Pengereman saat jalanan berlubang
   Turunkan kecepatan motor, agar pengendara tidak melakukan pengereman mendadak. “Sehingga tidak                    menyebabkan pengendara panik ketika ngerem. Sementara jika tak sempat melakukan perlambatan dan                  menghindari lubang, maka saat roda depan menyentuh   lubang, semua rem harus dilepas. “Tujuannya agar              benturan lebih ringan dan efeknya tidak terlalu terasa di   setang dan motor tetap terkendali.
   Diingatkan, jangan mengerem depan sekuat tenaga..
   Pengereman harus dilakukan secara bertahap sehingga ban tidak terkunci. “Sehingga pengendalian motor lebih        mudah saat menghindari lubang

5. Pengereman saat hujan atau jalan berair
   Turunkan kecepatan motor, karena jarak pengereman akan semakon jauh. Permukaan jalan digenangi air              sehingga menyebabkan gejala mengambang atau aqua planning. Tingkat kesulitan    pengereman pada kondisi        jalan ini lebih tinggi. Jelas karena traksi ban menurun drastis, terlebih pada kecepatan      lebih tinggi.
   Paling penting hindari agar ban tidak ngelock atau ngunci.
   Ketika hujan ringan tetap menggunakan teknik rem depan-belakang. Jangan melakukan pengereman hanya              bertumpu di satu sisi. Jangan menarik rem depan secara spontan dengan menekan rem hingga                mentok. 
   Kalau pengereman bertumpu di depan, motor gampang melintir. Sedangkan kalau hanya pakai rem belakang,        bisa   sliding. 
   

Tips Pengereman :
1. Hindari pengereman mendadak, berbahaya, bila ban menjadi slip maka motor tidak terkendali
2. Turunkan kecepatan motor bila kondisi jalan tidak normal..(hujan, berlubang, berpasir, licin)
3. untuk motor transmisi manual, atur posisi gigi sesuai dengan kecepatan.jangan gunakan gigi tinggi     saat kecepatan rendah. Turunkan gigi/engine brake membantu pengereman.
4. Hindari pengereman sampai ban ngelock/slip.
5.






0 komentar:

Post a Comment