karbu original satria fu 150 Mikuni BS26-187
Ini bro karbu andalan suzuki satria FU lebih 12 tahun sebelum beralih ke injection.. karbu Merk MIKUNI type BS26-187. karbu ini mampu menyediakan campuran BB hingga tenaga Satria FU yang hampir menyentuh 16 HP .
Dengan karbu vakum ini, satria FU bisa mencapai top speed sampai 135 km/jam bro, itu masih bisa nambah, agak lambat.. ini sudah saya buktikan.
Karbu type vakum, mengandalkan kevakuman di venturi untuk mengangkat jarum skep.
Diameter venturi 26mm cukup untuk memasok campuran bahan bakar udara ke ruang bakar Satria FU yang berkapasitas 150cc, tepatnya 147cc.
Kombinasi pilot jet 12,5 dan main jet 110. untuk ukuran pilot jet bisa diganti dengan 15 atau 17.5, agar putaran idle dan bawah lebih baik. untuk ukuran main jet bisa gunakan 115.
gambar di atas karbu standar FU saya sandingkan dengan karbu NSR SP keihin PE28.
komponen yang ada di karbu Mikuni BS 26.
2. pelampung dan mangkok karbu
3. spuyer, terdiri dari pilot jet, main jet, nozzle, neddle jet
4. choke mechanism
komponen utama mikuni bs 26 bro:
1. Skep karbu, per/spring, jarum skep, karet vakum (diperhatikan karet vakum kalau sudah melar/kaku/berlubang/salah pasang, pasti satria fu anda sulit akselerasi, top speed 80km/jam susah bro).2. pelampung dan mangkok karbu
3. spuyer, terdiri dari pilot jet, main jet, nozzle, neddle jet
4. choke mechanism
Perawatan/service karbu cukup simple,
1. lepas selang bensin, karena keran bensin type vakum, otomatis bensin ga ngalir. buka drain bensin di mangkok karbu, sampe bensin habis.. ini mencegah bensin ngalir ke karet vakum
2. lepas klem intake pipe dan klem intake manifold
3. lepaskan karbu dari intake pipe dan intake mnanifold, hati2 bro jangan sampe rusak tuh manifold
4. lepas kabel gas
5. buka mankok karbu, buka main jet pilot jet dengan obeng-.
6. gunakan karburator cleaner, semprot ke setiap lubang di karbu, bersihkan komponen, kalau ada angin bertekanan dapat digunakan
7. pasang kembali main jet pilot jet, mangkok karbu,.
8. pasang kabel gas
9. pasang karbu ke intake manifold ( gunakan sedikit oli agar lebih mudah ), pasang pipa intake dari filter box
10. pasang selang bensin
11. selanjutnya setting spuyer ( kalau masih standar kira2 1 putaran berlawanan jarum jam setelah idle mixture screw diputar ke kanan.
urutan pemasangan skep vakum (diaphragm)
5. per (spring)
6. klip skep (holder)
8. ring besi
9. ring pengunci
10. ring plastik
11. jarum skep (jet needle)
Perawatan karbu vakum :
- Hal penting dalam perawatan karbu vakum adalah pada bagian karet vakum, hindari karet vakum terkena bensin atau material yang merusak karet.
- pemasangan karet vakum tidak boleh terbalik, ada tanda pada karet vakum ke body karbu, jangan sampai karet vakum terlipat,. kesalahan pada pemasangan membuat power mesin drop, kecepatan maksimum mungkin hanya 80 km/jam.
- karbu vakum bisa robek ataupun mengeras karena usia pemakaian, sebaiknya diganti dengan karet vakum original.
- penting untuk menggunakan filter bensin, bila belum ada dari pabrikan, maka sebaiknya di pasang filter. hal ini dapat mengurangi karbu menjadi kotor.
Baca juga:
- Karbu pe 28
- Karbu PWK 28
- Satria FU FI
- GSX R 150 motor sport penerus FXR 150
- ukuran spuyer karbu lengkap
- perbandingan udara dan bensin yang tepat
Brow, ane mau pasang balik karbu asli fu. Permasalahannya urutan pemasangan ring besi, klip skep, jarum skep, ring plastik, per dan penguncinya, itu urutannya bagaimana yah ? Kalo bisa dengan gambar. Terimakasih.
ReplyDeleteBro,sorry baru bales, ane dah tambahin tuh gambar dan keterangannya, silahkan dicoba.. good luck bro
ReplyDeletekalau dipake air filter aftermarket mau jugak naikkan pilot jet dari 12.5 ke 15 ???? semuanya std cuma air filer aja tukar aftermarket
ReplyDeletebisa bro.. dinaikkin pilot jet jadi 15 atau 17,5.
ReplyDeleteMaaf mau nanya,fungsi komponen no 31,32 dan 33 itu apa ya mas,soalnya aku beli motor Satria second..Part yg itu gak ada,d tutup kaya semacam busa..Apa ada pengaruh nya untuk kerja karburator klo cuma d tutup pakai busa?
ReplyDeletefungsinya membantu saat start bro.. choke starter..
Deletekalau dilepas tidak berpengaruh untuk performance saat jalan, akselerasi, ataupun top speed..
Bro tanya banjir banjir carbuq ada menetes dpembungan padahal carbunya baru tolong bantuannya
ReplyDeletePadahal bro smuanya normal kok bisa banjir padahal carbunya baru bro
ReplyDeletePadahal bro smuanya normal kok bisa banjir padahal carbunya baru bro
ReplyDeletebro.. saat bensin mengangkat pelampung, maka jarum pelampung menutup saluran bensin ke karbu.. coba bro buka karbu, trus tiup dari saluran masuk bensin dan pelampung digerakkan menutup saluran ke ruang pelampung, kalau udara masih lolos berarti jarum pelampung bocor.
Deletemenetes di pembuangan bro? baut drain yang pekai kunci L mungkin kendor..
bro
Thanks infonya bermanfaat banget gan sebab ane lgi cari penyebab motor susah nyala dan kalau dalam posisi nyala dan didiamkan, nafas motor suka naik turun sendiri..lalu kadang mati..apa krna ada yg salah dengan karbunya ya gan?
ReplyDeleteKemungkinan dari karbu Gan..
DeleteUkuran pilot jet dan setingan angin dl di cek Gan..sesuaikan standar dl.
Pastikan tidak ada kebocoran udara di intake..
Bos fu ane kan pake karbu pe 28. Kalo mau di standarin lagi apanya aja yg harus di ganti
ReplyDeleteganti karbu vakum original fu + tali gas..
Deletebener bro, karbu vakum mikuni bs 26 dan tali gas ori
DeleteBos,, klu pake holder gas spontan di fu cocok ngak,, dan ngaru ngak akselarinya, makh..
ReplyDeleteHolder gas spontan, belum coba bro. Tapi kalau akselerasi, selama naik turun skep masih sistem vakum, ga pengaruh bro...
DeleteBro punya gue posisi pemasangan jarum skep ..ring plastik aku letak bawah sekali kok mbrebet di 3000 rpm ya.. kalau posisi klip pengunci paling bawah setelah itu ring plastik enggak brebet ..yang bener yang mana ya..
ReplyDeleteRing plastik paling bawah terus posisi klip pengunci paling bawah, campuran bb udara ga ideal bro, terlalu banyak bensin, kalau ring plastik tetap mw dipasang, klip pengunci bisa naik satu atau 2 tingkat..
DeleteMain jet pilot jet standart
ReplyDeletemotor satria Fu saya mau ganti karbu pe 28 masalah gk sama mesinys
ReplyDeletemaaf mu tanya nih bro...kode jarum skep bawaan deler kode y brp y bro....mslah y punya saya dh gantian....dan skrng pengen di standarin lgi....mohon bro yg tw kode y
ReplyDeleteMau tanya bos.. punya sya waktu dijalan tiba2 digas gak ada tenganya bos..itu penyebabnya apa ya..??? Apa dri vakumnya ya bos..?? Mohon pencerahannya..🙏
ReplyDeleteMau tanya bro. Fu sy klo keadaan dingin susah amat idupinnya. Itu masalah karbu kah bro?
ReplyDeleteKalo pas mesin panas rpm naik sendiri itu knpa ya om?, Posisi fakum dah baru
ReplyDeleteNo 22 sama 23 itu apa ya min
ReplyDeleteItu baut buat setel naikin/turunin gas bro
DeleteNo 22 itu kegunaannya apa ya min
ReplyDeleteBuat setel naik/turunin gas bro
DeleteKarbu vakum satria Fu lama sama karbu vakum Satria Fu facelift beda gak
ReplyDeleteSmoga makin sukses mas bro
ReplyDelete