ENJOY THE TIME

Tuesday, March 22, 2016

karbu original satria fu 150 Mikuni BS26-187

karbu original satria fu 150 Mikuni BS26-187

karbu mikuni bs 26 - 187



mikuni bs 26-187

Ini bro karbu andalan suzuki satria FU lebih 12 tahun sebelum beralih ke injection.. karbu Merk MIKUNI type BS26-187. karbu ini mampu menyediakan campuran BB hingga tenaga Satria FU yang hampir menyentuh 16 HP .
Dengan karbu vakum ini, satria FU bisa mencapai top speed sampai 135 km/jam bro, itu masih bisa nambah, agak lambat.. ini sudah saya buktikan.

Karbu type vakum, mengandalkan kevakuman di venturi untuk mengangkat jarum skep.
Diameter venturi 26mm cukup untuk memasok campuran bahan bakar udara ke ruang bakar Satria FU yang berkapasitas 150cc, tepatnya 147cc.
Kombinasi pilot jet 12,5 dan main jet 110. untuk ukuran pilot jet bisa diganti dengan 15 atau 17.5, agar putaran idle dan bawah lebih baik. untuk ukuran main jet bisa gunakan 115.

mikuni bs 26-187 vs karbu pe28

gambar di atas karbu standar FU saya sandingkan dengan karbu NSR SP keihin PE28.


daleman karbu satria fu

komponen yang ada di karbu Mikuni BS 26.

komponen utama mikuni bs 26 bro:

1. Skep karbu, per/spring, jarum skep, karet vakum (diperhatikan karet vakum kalau sudah                       melar/kaku/berlubang/salah pasang, pasti satria fu anda sulit akselerasi, top speed 80km/jam susah     bro).
2. pelampung dan mangkok karbu
3. spuyer, terdiri dari pilot jet, main jet, nozzle, neddle jet
4. choke mechanism



Perawatan/service karbu cukup simple,
1. lepas selang bensin, karena keran bensin type vakum, otomatis bensin ga ngalir. buka drain           bensin di mangkok karbu, sampe bensin habis.. ini mencegah bensin ngalir ke karet vakum
2. lepas klem intake pipe dan klem intake manifold
3. lepaskan karbu dari intake pipe dan intake mnanifold, hati2 bro jangan sampe rusak tuh               manifold
4. lepas kabel gas
5. buka mankok karbu, buka main jet pilot jet dengan obeng-. 
6. gunakan karburator cleaner, semprot ke setiap lubang di karbu, bersihkan komponen, kalau         ada angin bertekanan dapat digunakan
7. pasang kembali main jet pilot jet, mangkok karbu,.
8. pasang kabel gas
9. pasang karbu ke intake manifold ( gunakan sedikit oli agar lebih mudah ), pasang pipa intake       dari filter box
10. pasang selang bensin
11. selanjutnya setting spuyer ( kalau masih standar kira2 1 putaran berlawanan jarum jam setelah             idle mixture screw diputar ke kanan.




    



urutan pemasangan skep vakum (diaphragm)

5.   per (spring)
6.   klip skep (holder)
8.   ring besi
9.   ring pengunci
10. ring plastik 
11. jarum skep (jet needle)


Perawatan karbu vakum :

  • Hal penting dalam perawatan karbu vakum adalah pada bagian karet vakum, hindari karet vakum terkena bensin atau material yang merusak karet.
  • pemasangan karet vakum tidak boleh terbalik, ada tanda pada karet vakum ke body karbu, jangan sampai karet vakum terlipat,. kesalahan pada pemasangan membuat power mesin drop, kecepatan maksimum mungkin hanya 80 km/jam.
  • karbu vakum bisa robek ataupun mengeras karena usia pemakaian, sebaiknya diganti dengan karet vakum original.
  • penting untuk menggunakan filter bensin, bila belum ada dari pabrikan, maka sebaiknya di pasang filter. hal ini dapat mengurangi karbu menjadi kotor.


Baca juga:


31 komentar:

  1. Brow, ane mau pasang balik karbu asli fu. Permasalahannya urutan pemasangan ring besi, klip skep, jarum skep, ring plastik, per dan penguncinya, itu urutannya bagaimana yah ? Kalo bisa dengan gambar. Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Bro,sorry baru bales, ane dah tambahin tuh gambar dan keterangannya, silahkan dicoba.. good luck bro

    ReplyDelete
  3. kalau dipake air filter aftermarket mau jugak naikkan pilot jet dari 12.5 ke 15 ???? semuanya std cuma air filer aja tukar aftermarket

    ReplyDelete
  4. bisa bro.. dinaikkin pilot jet jadi 15 atau 17,5.

    ReplyDelete
  5. Maaf mau nanya,fungsi komponen no 31,32 dan 33 itu apa ya mas,soalnya aku beli motor Satria second..Part yg itu gak ada,d tutup kaya semacam busa..Apa ada pengaruh nya untuk kerja karburator klo cuma d tutup pakai busa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fungsinya membantu saat start bro.. choke starter..
      kalau dilepas tidak berpengaruh untuk performance saat jalan, akselerasi, ataupun top speed..

      Delete
  6. Bro tanya banjir banjir carbuq ada menetes dpembungan padahal carbunya baru tolong bantuannya

    ReplyDelete
  7. Padahal bro smuanya normal kok bisa banjir padahal carbunya baru bro

    ReplyDelete
  8. Padahal bro smuanya normal kok bisa banjir padahal carbunya baru bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro.. saat bensin mengangkat pelampung, maka jarum pelampung menutup saluran bensin ke karbu.. coba bro buka karbu, trus tiup dari saluran masuk bensin dan pelampung digerakkan menutup saluran ke ruang pelampung, kalau udara masih lolos berarti jarum pelampung bocor.
      menetes di pembuangan bro? baut drain yang pekai kunci L mungkin kendor..
      bro

      Delete
  9. Thanks infonya bermanfaat banget gan sebab ane lgi cari penyebab motor susah nyala dan kalau dalam posisi nyala dan didiamkan, nafas motor suka naik turun sendiri..lalu kadang mati..apa krna ada yg salah dengan karbunya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan dari karbu Gan..
      Ukuran pilot jet dan setingan angin dl di cek Gan..sesuaikan standar dl.
      Pastikan tidak ada kebocoran udara di intake..

      Delete
  10. Bos fu ane kan pake karbu pe 28. Kalo mau di standarin lagi apanya aja yg harus di ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti karbu vakum original fu + tali gas..

      Delete
    2. bener bro, karbu vakum mikuni bs 26 dan tali gas ori

      Delete
  11. Bos,, klu pake holder gas spontan di fu cocok ngak,, dan ngaru ngak akselarinya, makh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Holder gas spontan, belum coba bro. Tapi kalau akselerasi, selama naik turun skep masih sistem vakum, ga pengaruh bro...

      Delete
  12. Bro punya gue posisi pemasangan jarum skep ..ring plastik aku letak bawah sekali kok mbrebet di 3000 rpm ya.. kalau posisi klip pengunci paling bawah setelah itu ring plastik enggak brebet ..yang bener yang mana ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ring plastik paling bawah terus posisi klip pengunci paling bawah, campuran bb udara ga ideal bro, terlalu banyak bensin, kalau ring plastik tetap mw dipasang, klip pengunci bisa naik satu atau 2 tingkat..

      Delete
  13. motor satria Fu saya mau ganti karbu pe 28 masalah gk sama mesinys

    ReplyDelete
  14. maaf mu tanya nih bro...kode jarum skep bawaan deler kode y brp y bro....mslah y punya saya dh gantian....dan skrng pengen di standarin lgi....mohon bro yg tw kode y

    ReplyDelete
  15. Mau tanya bos.. punya sya waktu dijalan tiba2 digas gak ada tenganya bos..itu penyebabnya apa ya..??? Apa dri vakumnya ya bos..?? Mohon pencerahannya..🙏

    ReplyDelete
  16. Mau tanya bro. Fu sy klo keadaan dingin susah amat idupinnya. Itu masalah karbu kah bro?

    ReplyDelete
  17. Kalo pas mesin panas rpm naik sendiri itu knpa ya om?, Posisi fakum dah baru

    ReplyDelete
  18. No 22 itu kegunaannya apa ya min

    ReplyDelete
  19. Karbu vakum satria Fu lama sama karbu vakum Satria Fu facelift beda gak

    ReplyDelete