ENJOY THE TIME

Friday, September 26, 2014

karburator pe 28 sebagai piranti racing awal

Karburator pe 28

karbu PE 28

Karbu pe yang mendapat julukan karbu sejuta umat menjadi andalan Riders untuk meng-upgrade power and speed motor kesayangan. karbu vakum yang disematkan pabrikan motor dirasa kurang responsif oleh penyuka acceleration..
Karbu PE 28 awalnya dibuat Keihin, dan digunakan Honda pada NSR 150 SP, mesin 2 tak.
Keihin juga membuat karbu PWK dan salah satunya karbu PWK 28 yang menjadi andalan di motor cross 2 tak.
Memang produsen motor telah mengganti karbu konvensional menjadi karbu vakum untuk memenuhi standar emisi yang semakin baik tahun ke tahun, sebelum memutuskan untuk menggunakan fuel injection.

karbu pe 28



135 cc - 225 cc

Menjadi karburator yang banyak digunakan pada motor 135 cc sampai 225 cc.
mengapa PE 28 dapat digunakan sampai mesin 225 cc?
dengan menggunakan rumus :

D= K x √ (CxN)
D= Diameter venturi karburator, dalam satuan mm.
K= Konstanta (nillainya ada di antara 0.6 – 0.9, untuk motor penggunaan harian pada 0.65)
C= Kapasitas mesin mesin, dalam satuan liter.
N= Putaran mesin puncak(peak)yang diinginkan (rpm).

contoh : satria fu
D= 0.65 x  √ ( 0.147 x 12000)
   = 0.65 x  √ 1617
   = 0.65 x 42
   = 27.3 mm
berarti dibutuhkan karbu ber venturi 27.3 mm untuk mencapai puncak rpm 12000. dan yang mendekati adalah venturi 28 mm.

penggunaan konstanta 0.65 pada mesin pemakaian harian, pada mesin-mesin racing/ balap konstanta lebih tinggi. pada mesin GP menggunakan konstanta tertinggi.









byson pe 28
Karbu bawaan nsr sp (2 tak150cc) ini beredar dalam beberapa jenis.. Dari yang asli keihin,  kw, tdr, dan merk lain.
Karburator konvensional, kabel gas langsung menggerakan skep.
Setting pada pe 28 di fokuskan pada main jet, pilot jet, dan jarum skep.
pe 28 di satria fu

Penggunaan main jet bawaan karbu terlalu besar untuk dipakai pada motor seperti satria fu, scorpio, tiger, jupiter mx, byson.
Jarum skep yang kurus membuat akselerasi lambat karena kelebihan bensin. "Handle gas dibejek tapi motor ga lari". Jalan menanjak motor sepertinya berat.
pe 28 di scorpio
Cukup diganti dengan jarum skep honda gl pro, yang dijual sepaket dengan karbu kit. Posisi clip biasanya maksimal pada posisi paling bawah dan posisi kedua dari bawah. Campuran ideal didapat sehingga akselerasi lebih responsif.




Main Jet  dan Pilot Jet (Jetting)

Mainjet ukuran 115, 118,120,122,125 dapat digunakan sesuai ubahan pada mesin seperti knalpot racing/freeflow, bore up, kpmpresi, cam, cdi..

pelampung pe 28
Pilot jet bisa digunakan 38,40,42. Tergantung kebutuhan.

Air screw atau putaran angin antara 2 sampai 3 putaran. Menyesuaikan kebutuhan motor, settingan basah/ kering, suhu dingin atau panas, kelembapan.

Setting karburator atau yang sering disebut jetting penting dilakukan.
settingan yang terlalu miskin atau "kering" dapat membuat mesin overheat. dampaknya komponen mesin rusak, aus. bila sampai macet (jamed) maka diperlukan biaya lebih banyak untuk overhaul.
spuyer
settingan yang terlalu kaya "basah" bensin boros, pembakaran yang tidak sempurna, silinder cepat aus karena bensin yang tidak terbakar sempurna membilas oli pada dinding silinder. pergantian busi lebih sering.

Perlu diperhatikan skep silinder dan dindingnya. jika terdapat keausan mempengaruhi RPM saat idle, RPM naik turun.


Berikut langkah-langkah setting karburator

pilot jet dan main jet bawaan karbu terlebih dahulu diganti sesuai kebutuhan motor, contoh
untuk satria FU 150 cc PJ:40 MJ:118, untuk merk motor lain bisa menyesuaikan, biasanya PJ: 38,40,42. dan main jet 115, 118,120, 122, 125. jarum skep asli PE 28 lebih tirus, menyesuaikan karakter mesin 2 tak NSR SP, maka sebaiknya ganti dengan jarum skep lain yang lebih landai, contoh jarum skep GL-Pro. 
Atur setelan angin pada posisi 2-3 putaran. pada putaran ini biasanya didapat RPM tertinggi, caranya putar setelan angin searah jarum jam sampai mesin hampir mati lalu handle gas sedikit ditarik agar mesin tetap hidup, putar perlahan setelan angin sampai RPM meninggi dan mencapai puncaknya. bila terlewat putar balik setelan angin searah jarum jam perlahan sampai RPM  turun lalu putar kiri lagi.
pada penyetelan ini biasanya RPM cenderung stabil(mesin tidak mudah mati). bila setelan angin diputar 1/4- 1/2 berlawanan atau searah jarum jam dari posisi puncak tadi berpengaruh ke setelan basah atau kering yang dampaknya terasa saat motor dikendarai pada temperatur dan kelembapan yang berbeda.

1. Pengecekan busi :
 yang perlu dilakukan adalah running motor dengan menggunakan posisi gigi tertinggi lalu mesin dimatikan dengan posisi throtle gas membuka penuh. jangan sampai throotle posisi idle(menutup). buka busi dan lihat warna keramik.
Check busi

busi bagusBusi dapat menjadi indikasi proses pembakaran di ruang bakar.

busi setelan basah setelan kering
Setting karbu yang baik dapat dilihat dari pengecekan busi.
hasil pembakaran yang baik membuat kepala busi berwarna merah bata atau kecoklatan.
bila busi kehitaman, ada kerak, tanda pembakaran yang tidak sempurna, biasanya karena setting terlalu kaya/basah.
bila kepala busi putih, menandakan panas berlebihan di ruang bakar, settingan terlalau irit.

2. Main Jet,
mempengaruhi kerja karburator dari bukaan throotle setengah sampai full. setelah pengecekan busi ganti main jet 2 step di atasnya bila settingan terlalu kering. test running lagi, jika ada gejala  seperti tersendat maka main jet diturunkan 1 step.
contoh : main jet awal 112 hasil cek busi terlalu kering, maka naikkan menjadi 118, bila ada gejala seperti tersendat ( power ga lepas ) maka turunkan jadi 115.



Component / Parts karburator

1. Skep :  silinder skep/throttle, jarum skep, cover, spring/per skep
per skep
2. Jet : main jet, pilot jet, nozle, neddle jet, air jet
pe 28 parts
3. outer : air screw (Screw penyetel angin) ,  idle screw (screw penyetel idel)
4. Pelampung
gambar pe 28

Nama parts PE 28

1. Cap Cable Holder
2. Cable Adjuster
3. Nut, Cable Adjuster
4. Top, tutup silinder skep
5. Gasket
6. Throttle Spring , per skep
7. Clip, T.V. Plate
8. Throttle valve Plate
9. Clip, Jet Needle
10. Jet needle PE28 , jarum skep
11. Throttle , silinder skep
12. Needle Jet
13. Choke Valve
14. Choke Lever
15. Rubber Cap
16. Choke Lever Holder
17. Choke Valve Spring
18. Choke Valve
19. Collar
20. Screw
21. Spring
22. Baffle Plate
23. Float Valve
24. Clip, Float Valve
25. Float Pin
26. Float , pelampung
27. Jet Holder
28. Gasket, Float Bowl
29. Float Bowl
30. Plug Screw O-Ring
31. Plug Screw
32. Anchor Plate
33. Slow Jet , pilot jet
34. Needle Jet
35. Main Jet , MJ
36. Clip/Pipe
37. Pipe
38. Pipe
40. Air Adjust Screw
41. Spring
42. Throttle Stop Screw 



Venturi diameter 28 mm



pe 28 diameter venturi


PEMILIHAN KARBU PE 28

Hal ini menjadi sangat penting untuk mendapat performa pengabutan terbaik.
karbu pe 28 beredar dalam beberapa versi

1. PE 28 Jepang/racing
Karburator untuk honda NSR nya ini mempunyai ciri finising jelas halus, warna agak keputihan, tertulis made in japan, tulisan keihin nimbul, jarum skep bisa di seting, khusus sudco jarum skepnya warna kuning ke-emasan, jarum skep ada ulir setelan, choke nempel di karbu langsung (kaya karbu RX King), trus di bagian bawah mangkuk karbu ada semacam tutup baut lumayan gede. Berguna saat seting motor perlu gonta-ganti ukuran PJ/MJ ga perlu buka mangkuk karbu, cukup lepas tutup baut tersebut dan PJ/MJ bisa dibongkar pasang lewat lubang tersebut.
Harga paling mahal sekitar 1,9 juta.
2. PE 28Honda Thailand
Finishing rapi, warna agak gelap, tertulis made in T, skep warna krom tapi dalemnya kuningan dan berat. Skep gak bisa di stel. Jarum tidak ada ulir setelan, dijual dengan kemasan dus honda lengkap dengan kode part. Beberapa mekanik bilang bahwa karbu ori ini sebenarnya sama aja dengan yg KW1 Cuma beda dikemasan, tapi bebrapa yg lain berkata beda
Harga kisaran Rp850 – 900 ribu.
3. PE28 KW1
Cirinya warna gelap, jarum tidak ada ulir setelannya, finishing rapi, dijual tanpa kemasan.
Harga kisaran Rp450-600 ribu.
4. PE28 KW2
Bodinya lebih gelap bila dibanding dengan KW3, finishing juga masih rada kasar, jarum ga bisa disetel.
Harganya kisaran 300rbuan.
5. PE28 KW3/PE China
Bodinya berwarna terang, jarum skepnya punya ulir buat disetel, jarum skep tidak/bisa di setel, finishing bodi kurang rapih walaupun ada juga yang rapih, bahannya agak kasar.. pemakai karbu ini biasanya kesulitan dalam mencari settingan yang pas.
Harnyanya kisaran Rp200 – 300 ribu.

6. PE 28 TDRkarbu  PE 28 juga diproduksi oleh TDR, dan juga dijual kit karbu.

7. PE 28 Kawahara



Tips pemasangan:
1. Pastikan tidak ada kebocoran antara karbu, intake manifold. bila ada kebocoran sedikit saja      setingan sulit di dapat dan campuran menjadi lebih kering
2. gunakan filter udara original atau racing. jangan sampai loss, debu akan merusak komponen mesin
3. pergantian main jet, pilot jet, stel angin atau stel jarum skep dilakusan satu persatu, agar lebih mudah menganalisa kekurangan atau kelebihan bensin pada setiap putaran.
4. hindari kemiringan berlebihan saat pemasangan. karena mempengaruhi kerja pelampung dan ketinggian bensin di ruang pelampung terhadap main jet dan nosel.
5. bukaan air screw ideal pada 2 putaran. bila lebih pilot jet diganti ukuran lebih kecil.




KEEP SAFETY RIDE


Gambar Karbu Mikuni BS 26 FU dan Karbu Pe28





Baca Juga :

272 komentar:

  1. untuk fu gmn settingnya?

    ReplyDelete
  2. mantap dan jelas :)

    ReplyDelete
  3. berapa top speed nya bro pake pe 28?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah sampe 155 itu pun msih minta di gas lagi.

      Delete
  4. Terima kasih atas infonya gan.
    Berarti karburator type 28 ini bisa PNP di New MegaPro ya?
    Karbu bawaan MegaPro bertype vacum, kurang respon dan pokoknya mengecewakan lah.
    Namun yg sy bingung, apa agan punya solusi untuk TPS yg kebetulan menempel pada karbu bawaan MegaPro?
    Tolong pencerahanya gan, karena TPS tersebut berpengaruh pada CDI disetiap putaran mesin.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. pas banget Gan, motor sy FU karbu vakum mikuni bs26, memang response vakum lebih lambat..
    ganti karbu pe 28 diukur intake manifold, karena setahu sy diameter karbu ori mpro 24..
    Throttle Positioning Sensor karbu ori dan cdi ori pengaruhnya ke mapping pengapian. usul saya ganti CDI jg gan.

    pemasangan yang benar (ga ada kebocoran udara antara cylinder head dan karbu), jetting pas, pasti hasilnya mantap Gan


    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok gan terima kasih atas infonya.
      Tapi usut dan koreksi lagi nih, takutnya pembaca lain salah faham. 😊

      Sesuai gambar diatas ternyata venturi megapro mono punya sy berdiameter 26mm bukan 24.
      Silahkan koreksi gambar yg agan posting diatas.
      Karburator M.Pro sy memang seperti yg tertera di gambar atas itu.

      Mengenai TPS sy sudah punya altenatif membuatkan tempat baru dan memutuskan untuk menggunakan kabel gas milik RX-King agar karbu maupun TPS dapat bekerja tanpa harus mengganti CDI.
      Maklum gan, cuma untuk pp dari rumah ketempat kerja aja kok.

      Ok gan, sekali lagi terima kasih banyak atas informasinya.
      Sukses selalu gan.

      Delete
  6. mantap Gan.. thanks sharenya.
    kebetulan gambar karbu FU yang sy pajang..

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Pkk pe 28 mkin jos mkin bros tpi spdan ama tenga mtr n byson sya tdny cmn bsa 125 skrng dh lmyan lah 145 an di betot segutu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan ane jg pake byson cm belum nemu settingan PJ dan MJ yg pas,Ukuran yg pas untuk MJ dan PJ nya brp gan??

      Delete
    2. byson std pake PJ 38 atau 40 bro, untuk MJ pake 115 gan.. kl rpm atas masih kurang maksimus pake MJ 118 gan

      Delete
    3. kl byson os50 knalpor racing pj/mj uk berapa om yg pas.....saya make 110/38 clip jarum di tengah setelan angin 1,5...,carbu masih batuk terkadang....intek gk ada yg bocor

      Delete
  9. Kalo seting pj sama mj pe 28 piston scorpio klep standar brp ukurannya mas pj ama mjnya

    ReplyDelete
  10. pake pj 40 atau 42 bro.. mj pake 120..kalau akselerasi kurang mj ganti 122 bro

    ReplyDelete
  11. Klx 150 mj sma pj nya brp ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KLX try PJ 40 gan.. MJ 118..
      coba dulu Gan.. kalau MJ terlalu besar settingan terlalu basah engine brebet..

      Delete
  12. Kalau buat Tiger
    Settings pj mj berapa mas bro

    ReplyDelete
  13. Kalau buat Tiger
    Settings pj mj berapa mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Honda Tiger mas bro
      PJ 38 atau 40
      MJ 120 .. kalau knalpot dah racing MJ tambah 1 ukuran ke 122 bro..

      Delete
    2. Scorpio pake pe28 udh pake knalpot racing sma open filter utk setting nya pake ukuran pj mj berapa ya om?

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Motorku scorpio pake pe 28 MJ 118 dan PJ 42 kalo dipasangin filter udara kok tarikan atasnya mbrebet kayak mau mogok, tapi kalo gak dipasang filter udaranya tarikan atasnya enak gak mbrebet... settingnya gmn lagi ya gan biar tetep terpasang filter udaranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan, mbrebet pada tarikan atas karena supply bensin terlalu deras, untuk mesin aman lebih baik pasang filter udara, main jet di turunin 1 step gan ke 115.. trus atur ulang setelan angin.
      saran saya itu dl gan.. thanks

      Delete
    2. Udah nemu om settingannya, pake MJ 112, PJ 40 box filter udara terpasang, tks om atas sarannya.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. om klau scorpio standar filter di lepas. pj/mj yg cocok uk brpa

      Delete
    5. scorpio open filter pk PJ 40 MJ 115, kl tarikan ngempos MJ naikin 1 step Gan, ke 118

      Delete
  16. Untuk new megapro enaknya pake Pj/mj brp om??

    ReplyDelete
    Replies
    1. new megapro pake PJ 38 aja bro.. mj nya 115..
      jarum skep nya pake jarum bawaan kit karbu megapro bro..

      Delete
    2. gan kalau pe30 moto1 spek 66 buat satria fu pake pj mj brp ya, makasih gan

      Delete
  17. satria fu 2012
    karbu pe 28
    lobang in out korekanknalpot standar
    ukuran pilot jet sma main jetnya yg pas brapa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pj pake 38 atau 40 gan.
      MJ 115.. cek busi Gan, untuk lihat campuran apakah sudah ideal.

      Delete
  18. klo cs1 pke pe 28 brapa mj & pj gan

    ReplyDelete
  19. gan ukuran yg pas buat carbu pe 28 berapa ya?os 100 kenalpot dah blekanp motor rx special biar tambah ngacir pake pj dan mj berapa ya? sama blok udah saya cuner

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan, kl sy hitung tuh cc dapet sekitaran 125cc.. kl saran sy, pj pake 42, trus mj pake 122..mungkin kl dah dah coba gan bisa share lg kesini, tuk masukan..

      Delete
  20. Nimrung mas Erwin Hyosung Tril borup 225cc knalpot racing karbu pe 28 pj 42 mj 100 brebet mas gak ketemu setelan yg pas..pertanyaan: Berapa Mj Pj Yg Cocok.. Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Yus.. kalau dari spec enginenya pake pe 28 dg mj 100 sepertinya terlalu kecil mas..
      coba diganti pakai 115, kalau masih kurang naik ke 118
      untuk pilot jet nya tetap 42 aja mas

      Delete
  21. Mau tanya,motor saya megapro hiu 2005 mesin standart,ganti karbu keihin pe28 pj42 mj118,dari rpm bawah sampai atas mantep,tenaga ngisi terus,tp pas lepas gas kok nyangkung di rpm 2000 trus kurang lebih 3dtik baru idle normal,pdlh per skep keras,kabel gas normal,bs bantu solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok Gan, say pernah skasus seperti itu, saya turunkan Pj nya.. coba ke ukuran 40, trus putaran angin di adjust 2 - 2,5 putaran.

      Delete
  22. Mau tanya,motor saya megapro hiu 2005 mesin standart,ganti karbu keihin pe28 pj42 mj118,dari rpm bawah sampai atas mantep,tenaga ngisi terus,tp pas lepas gas kok nyangkung di rpm 2000 trus kurang lebih 3dtik baru idle normal,pdlh per skep keras,kabel gas normal,bs bantu solusinya?

    ReplyDelete
  23. Mas byson saya pakai pe 28 kw, PJ 38 MJ 110, pakai knalpot R9, CDI standart, putaran bawah kok brebet ya, bagus nya MJ PJ nya ukuran berapa mas, mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan, Mj naikin 1 step ke 112.. trus jarum skep nya ganti jarum skep mega pro, profil sedikit lebih "gemuk".. maksudnya tidak terlalu tirus seperti jarum skep ori PE.
      ini karena PE 28 peruntukan motor 2 tak (NSR 150 SP)

      Delete
  24. Mas punya sya gl max newtech spec: seker tiger, banful up 6mm, cdi shogun kebo, knlpot racing...
    Pj/mj = 40/110 mbrebet d putaran bawah,, agar tidak mbrebet lagi pake pj/mj brp ya,, mohon pencerahannya,, trimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan, jarum skep nya ganti jarum skep mega pro, profil sedikit lebih "gemuk".. maksudnya tidak terlalu tirus seperti jarum skep ori PE 28.
      ini karena PE 28 peruntukan motor 2 tak (NSR 150 SP).
      Mj naikin 1 step ke 112..

      Delete
  25. motor q satria fu standart,ganti karbu pe 28,pilot 38 dan mainjet 110 serta clip jarum nomer 2 dari atas,air screw 1,5 putaran kenapa klo di gas tiba2 motor jadi ngempos dulu baru teriak,top speed pun cuma 130 kpj,tolong di bantu masalahnya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan pake MJ 115
      trus ganti jarum skep yang profilnya lebih gemuk (jarum skep PE 28 tirus, karena peruntukan tuk motor 2 tak NSR 150 SP). bisa pakai jarum skep dari kit karbu gl pro.

      Delete
  26. scorpio standar,filter di lepas. pj/mj yg co2k uk brpa

    ReplyDelete
  27. Motor ane nouvo spek 58an. Pake pe 28 ukuran pj mj 38 110. Brebet di atas. Motor gk mau lari. Saran nya donh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro..
      Nouvo bore up 58 volume silinder sekitar 155 cc.
      brebet di putaran atas pake PE, jarum skep nya sudah diganti yang profilnya agak gemuk bro? seperti jarum skep punya GL pro.. jarum bawaan pe terlalu tirus, untuk motor 4 tak, dan buat brebet saat gas di pelintir.
      untuk mj bisa dinaikkin bro ke 112

      Delete
  28. gan pnya q pe kw. pj mj bawaan uk 110/38 . tarikan bwh brebet. enk di ganti pj/mj brpa biar tarikan enak . blz

    ReplyDelete
    Replies
    1. scorpio open filter pk PJ 40 MJ 115, kl tarikan ngempos MJ naikin 1 step Gan, ke 118.
      Gan, jarum skep bawaan PE 28 ganti pake jarum skep GL Pro..

      Delete
  29. Mas,motor saya ninja rr 150 SE 2012.knalpot racing acerbis.ratio trnsmisi uda racing.pake karbu Keihin pe 28.yg jd mslh konsumsi bbmnya mas.apa wajar mas 1 ltr bensin dptnya cuma 10 km.mohon bantuannya mas buat ukuran pj/mj nya.tq mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga wajar Gan, itu lebih dari konsumsi bensin toyota avanza..
      Gan Pake MJ 152, PJ... 50 Gan

      Delete
  30. Om, motor saya mio smile bore up 150cc, karbu PE28, cdi dualband dan kenalpot cld c3... Settingan mainjet dan pilotjet nya brp yg pas ya?

    ReplyDelete
  31. Misi om fu saya 2012 pake pe 28 pj 40 mj 120 knalpot standar bobok cdi brt power band,stelan air screw 1,5 putaran..putaran awal enak tapi pas tarik tinggi trus pas gas diturunin nembak"....mohon saran om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro.. coba stel air screw, sepertinya 1.5 putaran terlalu kecil bro, angin terlalu sedikit untuk pembakaran saat gas diturunin.
      stel sampai 2.5 putaran bro.

      Delete
  32. Bos motor saya cs1 mo pakek karbu pe 28 mohon pencerahan, pakek pj-mj motor apa yg cocok sekalian untuk kabel gas yg pnp ,, trimakasih sebelomnya salam satu aspal

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro.. untuk cs 1 standar, pj 38/40 , mj 112 bro.
      kabel gas pake bawaan aslinya aja bisa bro, ujungnya dikecilin/dikikir. atau dipotong, trus disolder ulang.
      kl persamaan dg kabel gas lain, sy ga bisa recommended bro, kl di motor saya pake kabel gas shogun bisa.
      ok bro salam satu aspal.. kebetulan saya banyak ngaspal di jakarta..

      Delete
  33. Mas dtracker knalpot racing cdi shogun pe 28 mj pj ny brp boz yg pas thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro.. Dtracker 150, karbu awalnya keihin NCV 24 ya?
      ke pe 28 pj 38/40 bro.. mj nya 112..

      Delete
  34. mas mau nanya, saya pake motor suzuki skywave boreup 58 total cc 145,noken papas, klep di besarin,cdi brt sama knalpot ori di bobok. kira2 setingan PJ MJnya brp ya kalau pake karbu PE28?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kompresi berapa bro? open filter kah?
      kl mw coba pake PE dengan spec kaya bro bilang, coba pake PJ 40 dan MJ 115..

      Delete
    2. Oke bro mantap, saya ga open filter tp pake Filter TDR, akhirnya setelah 2 hari reset, ketemu deh enaknya di PJ 40 & MJ 118 , hasil pembakaran busi coklat tarikan atas mantap. makasih banyak ya bro sarannya.

      Delete
    3. Bg blh mntk no hp nyaaa... Pengen nanya masakah motor ni... Kalau blh tolong sms saya bg... Ni no saya 082385899495... Butuh bgt ni info dari abg..

      Delete
  35. Bg aku punya byson cdi brt dual band kenalpot racing. Susah dapat settingan nya.. Lagi langsam kalau langsung tarik gas ngok dia.. Kayak mau mati motor nya... Dia harus tarik pelan pelan gas nya baru mau naik. Tp diputaran 60 km merepet.. Kayak mana setting nya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro pj mj berapa?
      Lg langsam langsung tarik gas ngok.. itu kebanyakan udara bro, bensin kurang, turunin klip jarum skep 1 step bro, sampai dapet responsif.
      Di putaran 60 km/j ke atas merepet, itu profil jarum skep terlalu tirus, ganti yg profil gemuk bro..

      Delete
  36. mas mtr saya Satria f,pe28-pj,mj 38/120 porting,cdi brt,knlpot std, bawah nya ko ngmpos y mas, trus klo msin panas gak bisa langsam,it gmna y ms..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawah ngempos, tuh karena campuran kering mas bro.. pj naikin 1 step, 40.
      Trus klip jarum skep posisi nya kalau masih bisa turun 1 step, sehingga bensin bisa ngimbangin udara yang masuk..
      Mesin panas ga langsam, air screw/ stelan angin berapa putaran mas? Di stel sekitar 2,5 putaran mas..

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. ikut nimbrung mas.
    motor sy rxs os50 knalpot belekan, mau pake PWL sg88 yg pas mj/pj nya brapa yaa?
    terima kasih.
    edy ragil 081282834725

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bro...
      RXS 115 cc, di OS 50 jd sekitar 117 cc.
      Pk Pe28 SG88, pj 38/40 bro
      Mj 118/120.. coba ukuran sgt dl bro.

      Delete
    2. pake reparkit tiger bisa ya mas..

      Delete
    3. Blm coba mas dengan repair kit Tiger ..

      Delete
    4. gl = 108/38
      tiger = 120/40
      maap, tau merk repair kit yg rekomend ga mas? yg presisi ukurannya.
      terima kasih.

      Delete
    5. sy pake repairkit tiger mas, merk KINTO 122/38. tp 38 kekecilan, jd sy pake bawaan pwl entah brp mungkin 45 (tdk ada nmr). mungkin... klo dipasang 42 pass. angin maksimal stengah.
      Terima kasih bantuannya mas, terima kasih ilmunya.
      matur suwun..

      Delete
  40. mas bro,motor sy byson..
    pakai pe28 ,pj 40, mj 115
    pakai jarum skep gl pro knp berebet yah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bro, kl berebet berarti campuran bensin masih terlalu kaya, di putaran atas atau bawah bro?
      Posisi clip jarum skep dinaikan 1 step bro,
      Main bisa turun 1 step ke 112.

      Delete
  41. Punya saya sepeda vega zr, pake pj sama mj berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudny Vega pk karbu pe bro?
      Sepertinya terlalu besar kl Spec masih standar.
      Power malah drop bro

      Delete
  42. Om brow..byson ane oz100 klep tiger papras cam. Karbu PE 38/110 jarum GLpro clip tengah. Angin 1.5 putaran. Bawah ajip tengah ngempos atas ajip lagi. Tapi knalpot nembak wktub lpas gas.
    Apa seting pj/mj terlalu kecil??terimakasih

    ReplyDelete
  43. Om brow..byson ane oz100 klep tiger papras cam. Karbu PE 38/110 jarum GLpro clip tengah. Angin 1.5 putaran. Bawah ajip tengah ngempos atas ajip lagi. Tapi knalpot nembak wktub lpas gas.
    Apa seting pj/mj terlalu kecil??terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas bro, mj dinaikin 1 step, 112.

      Delete
    2. Gan mohon bantuanya dong urgent nih. Motor saya byson 200cc, cdi brt dual band, dan pake kenalpot tirev. Saya pake karbu PE 28 TDR.. Tapi kenapa boros banget ya..

      Mohon info PJ dan MJ yang pas untuk motor saya serta settingan jarum skep nya juga mas. Terimakasih sebelum nya

      Delete
  44. Gan motor ane fu knalpot racing karbu PE28 pj 38 mj 120 jarum skep GLpro, tarikan atas kayak kehilangan tenaga dan mau mogok.
    Saran suhu

    ReplyDelete
  45. mj nya pake 115 bro.. terlalu deras bensinnya

    ReplyDelete
  46. bro erwin minta ukuran MJ / PJ buat spin standar ..klo knalpot standar brapa kalo bobokan brapa..sukses selalu bro erwin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro Taufik,
      Ukuran karbu standar Spin vakum 26 PJ=15 dan MJ=97,5
      Knalpot bobokan naikin PJ saja 1 step jd 17,5
      Kl PE 28 di spin ukuran pj 38/40 dan MJ 100.
      Salam sukses Bro..

      Delete
  47. bro erwin..hasil uji nya pakai PE lumayan enak..cman ada brebet pas putaran gas 0-1/4 tapi kalo sudah panas agak hilang trus klo mesin dingin susah nyala..salam sukses buat bro erwin

    ReplyDelete
  48. oh ya saya pake ukuran PJ nya 38 soalnya blm punya yg 40..salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarum skep terlalu tirus bro, campuran bb terlalu basah di awal.
      Salam sukses Bro

      Delete
  49. Mas motor saya megapro hiu os 150, setingn mj, pj brpa, , , mohon pncerahane mz, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pk PJ 40 mj 115 bro.. test running, kl brebet atau ngempos br di adjust lg pj atw mj ny

      Delete
  50. Mas motor saya satri FU standart..
    Saya ganti karbolator PE 28..
    Waktu di gas kayak batuk batuk mas..
    Kendala nya apa mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Campuran bb-udara ga tepat mas. Pj Mj sudah disesuaikan bro?
      jarum skep pakai profil yg lebih gemuk?
      stelan udara..

      Delete
  51. Mas motor saya satri FU standart..
    Saya ganti karbolator PE 28..
    Waktu di gas kayak batuk batuk mas..
    Kendala nya apa mas..

    Biasa nya di ubah PJ dan MJ ukuran brapa bang erwin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pj 38 dan mj 115, cukup untuk dapat campuran ideal mas.
      Jarum skep pengaruhnya banyak mah

      Delete
  52. mas mohon infonya utk motor karisma stdr tk pakek in pe 28 mj nya 110 pj nya 35 pas putaran gas sedikit mau enak tp pas tak bejek malah brebet mas,, bisa dbantu mungkin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pe 28 karbu agak besar untuk kharisma 125 standar mas.
      Perbandingan kebutuhan campuran bb-udara yang dihisap silinder(sesuai power mesin) dengan supply dari karbu berlebihan (Pe28 sebagai karbu standar motor 2 tak NSR 150SP yg powernya di atas 25 hp)..
      Mas, jarum skep dah diganti yg lebih gemuk?
      Turunin lg mj ke 108 mas

      Delete
  53. Mas motor saya tiger. Pake pe28 knalpot standar bobok. Mesin standaran. Pj mj yg skrng pake 42 125, apakah kebesaran. Saran yg pas pake pj mj ukuran brp mas? Pe28 saya jarum skep nya paten gak ada stelan nya. MAkasih mas sukses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, jarum skep pk punya gl, ada setelannya, dan lebih gemuk cocok untuk 4 tak.
      MJ nya 125 bensin terlalu deras mas..diturunin ke 118 ..

      Delete
    2. Berarti pakai 42 118 ya mas. Jarum skep ganti pakai punya GL?

      Delete
    3. Pengalaman sya klo spek tiger sudah pas menggunakan MJ 125 PJ 42 dan jarum skep lebih enak standart PE bawaan, soalnya kmren sya coba pke punya GL yg ada cumn berat tarikannya. Klo keadaan filter tertutup lebih pas menggunakan MJ ukuran 122

      Delete
  54. Mas mtor sya ninja rr 2011 pake karbu pe28 knalpot udah pake recing pj sma mj nya blm nemu yang pas brap ya kira2 mas?

    ReplyDelete
  55. Mas saya pake fu 2008 karbu pe28
    Kalo di gas ngempos..solusinya gmna yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran PJ MJ nya gmn bro? Jarum skep nya?
      Kl ngempos berarti perbandingan bensin udara terlalu miskin (lean), bensin yang dikaburkan terlalu sedikit..
      Perbesar PJ/MJ per step..
      Atau klip jarum skep turun 1 tingkat..

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Gan mau tanya kalo karbu pe 28 yg pas di satria fu pj sama mj nya pake yg brpa ya ?
    Trus clip jarum gl-pro nya di pasang di bagian mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan, kl fu std pake pj 38/40 mj 115 aja.. dah lumayan deras tuh bensin. tuk klip pake di paling bawah Gan, kl terasa brebet, naikin 1 step ke atas

      Delete
  58. Mas mtor sya klx std pake knalpot racing,udah coba pj 38 sma 35,klo pj38 digas mendadak msih ok.tapi itu langsam nyangkut.jeda bbrpa dtk baru normal.sya ganti pj35 langsam normal tp dibetot spontan ada ngok sdikit.mending mana mas?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat gas mendadak, paduan PJ MJ dan jarum skep mas.. kl pj diganti masih belum dapat akselerasi bagus, jarum skep bisa dinaikkan atau diturunkan klipnya, trus MJ juga bisa naik atau turun 1 step.

      Delete
  59. Gan kalo FU pake karbu pe 28 pj sma mj nya yg pas pake ukuran brpa ya ?

    Trus clip jarum gl-pro nya di pasang di bagean mana ?

    Mohon info nya gan .

    ReplyDelete
  60. Mas motor saya Nouvo 2002 standart knalpot bobokan.
    Rencana mau ganti karburator PE.
    Yang cocok pake PE berapa trus Pj & Mj ukuran berapa ? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas.. sepertinya pernah 28 terlalu besar untuk dipasang di Nouvo..
      Tapi kalau mau coba, PJ 38 MJ 112 .. kalau brebet atau kempis ikuti panduan di atas mas..

      Delete
  61. Mas erwin mau tanya.
    Satria FU Standart semua
    Saya ganti karbu PE 28
    PJ 40 MJ 115, jarum skepnya bawaan PE28.
    Air screwnya 1,5 Putaran
    Pas RPM 8000 agak brebet.
    Solusinya gmna mas?
    Makasih mas Erwin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, putaran menengah(8000) brebet..
      Perbandingan bensin udara terlalu kaya, itu bisa disebabkan jarum skep pernah 28 yang tirus (untuk 2 tak). Coba ganti jarum dengan yang lebih gemuk.. bentuk tirusnya mirip jarum skep karburator Fu ORI..

      Delete
  62. Mas mau tanya nih, sy punya fu pake pe 28 jarum skep gl stel clip paling bawah, pj 38 mj 115 , open filter, puteran air screw 1'2 putaran, kalo di gas spontan dr awal itu ngokkk mas , mohon penjelasannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl gejala seperti nya campuran kurus, artinya putaran bawah saat akselerasi bensin kurang, ( pengaruh open filter ) coba pj dinaikin mas, ukuran 40 atau 42..

      Delete
    2. Sudah sy coba pakai 40 dan 42 mas tp kendala msh tetap sama, kalau langsung di gas spontan dr awal dia ngokk ,

      Delete
  63. Motorku CB spek tiger, memakai karbu KW yg seharga 150 rb memang rada susah setnya terutama dalam mencari ukuran MJ dan PJ dan pada akhirnya ketemu di 122/42 setelan jarum skep di 3 standard PE .

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks bro sharenya.. karbu kw juga bisa maksimal dengan jetting yang pas

      Delete
  64. Gan mau nanya..saya pake motor new jupiter mx 135 mesin standar tapi saya ganti dgn karbu pe28 itu brp ukuran pilot jet dan main jet yg pas

    ReplyDelete
  65. Gan mau nanya..saya pake motor new jupiter mx 135 mesin standar tapi saya ganti dgn karbu pe28 itu brp ukuran pilot jet dan main jet yg pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan, new jupiter MX 135 std, pk pj 38 dan MJ 110. Semoga hasil maksimal

      Delete
    2. Ok mksih gan ats saran nya nanti tak rubah

      Delete
    3. Saya punya mio seher sonik 100 klep shogun cdi standar racing karbu make karbu ninja r ori kira2 biar enak make spuyer ukuran berapa yaa jarum skep udh make punya tiger klip jarum skep di posisi paling bawah ? Mohon pencerahannyaa suhu

      Delete
  66. Bang erwin solusinya untuk shogun 125 pj/mj berapa, perlu ganti jarum skep ga jika ambil dari repair kit karbu/yg pas merk apa, mesin masih standard.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro.. lompat jauh kl shogun125 pk PE 28..
      Dari venturi 18 ke 28, saya ga recommended bro.
      Campuran BB udara ga sesuai kebutuhan
      Tp kl barangnya dah ada dan mw tes, pake jarum skep gl pro, itu yang agak gemuk.. untuk PJ pk 38 MJ 105.. untuk MJ jg dah jauh dr std 92.5.

      Delete
    2. Iya bang, soalnya karbu dah gak ori, jadi comot punya temen yg free, 😄. Pake 38/92,5 ditarik mesinnya mati, harus dikocok dulu, tapi brebet, ditarik lg dari nol mati lagi, jarum pake repair kit, cba besok cari lagi.

      Delete
    3. itu campuran yang tidak ideal bro..

      Delete
  67. Motor saya new megapro menggunakan karbu pe28 ukuran pj/mj nya 38/108 saya stelan airscrew putar ke kiri mesin gk bisa meraung kayak nahan dan kalau saat gas di tarik knalpot meletub letub

    ReplyDelete
  68. Motor saya new megapro menggunakan karbu pe28 ukuran pj/mj nya 38/108 saya stelan airscrew putar ke kiri mesin gk bisa meraung kayak nahan dan kalau saat gas di tarik knalpot meletub letub

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat gas dibuka,campuran bensin bensin ga cukup / kering.. Naik MJ nya bro, 112 atau 115..

      Delete
    2. Saya punya mio seher sonik 100 klep shogun cdi standar racing karbu make karbu ninja r ori kira2 biar enak make spuyer ukuran berapa yaa jarum skep udh make punya tiger klip jarum skep di posisi paling bawah ? Mohon pencerahannyaa suhu

      Delete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. Pake jarum glpro cdi apa neotek gan?

    ReplyDelete
  71. Saya punya mio seher sonik 100 klep shogun cdi standar racing karbu make karbu ninja r ori kira2 biar enak make spuyer ukuran berapa yaa jarum skep udh make punya gl pro ? Mohon pencerahannyaa suhu

    ReplyDelete
  72. Saya punya mio seher sonik 100 klep shogun cdi standar racing karbu make karbu ninja r ori kira2 biar enak make spuyer ukuran berapa yaa jarum skep udh make punya tiger klip jarum skep di posisi paling bawah ? Mohon pencerahannyaa suhu

    ReplyDelete
  73. Saya punya mio seher sonik 100 klep shogun cdi standar racing karbu make karbu ninja r ori kira2 biar enak make spuyer ukuran berapa yaa jarum skep udh make punya tiger klip jarum skep di posisi paling bawah ? Mohon pencerahannyaa suhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro total CC dan kompresi setelah ganti seher brp?
      Untuk spuyer ori Keihin PWL 26(ninja 150R) PJ 45 MJ 135.
      Kl CC sekitar 150 4 tak, bisa pk pj 110/112/115, MJ 112/115/118.
      Disesuaikan settingan langsung ke mesin..

      Delete
    2. Mas bro kalo motor gl naik 8,5 seher megaro ov200 pj mj nya brpa
      "Makasih"

      Delete
  74. Mas bro kalo motor gl naik 8,5 seher megaro ov200 pj mj nya brpa
    "Makasih"

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro, oversize piston aja kan, stroke masih standar.. kubikasi di dapat sekitar 137 cc..
      pj 38 bro, mj 112..

      Delete
  75. Mas, fu saya pakai pe 26,. Pj mj yg sesuai ukurannya berapa ya

    ReplyDelete
  76. mas,klx150bf sy pakai pe28 tk racing,koil tk,cdi tk, knalpot norifumi shorty,mesin standar..kira2 pj sama mj yang pas brp ya? 40/112 mbrebet dr awal gas

    ReplyDelete
    Replies
    1. filter udara pakai bawaan klx

      Delete
    2. filter udara pakai bawaan klx

      Delete
    3. mj naik bro 115,jarum skep nya masih yang profil tirus bro? kalau bisa pakai jarum skep gl pro

      Delete
  77. mas,klx150bf sy pakai pe28 tk racing,koil tk,cdi tk, knalpot norifumi shorty,mesin standar..kira2 pj sama mj yang pas brp ya? 40/112 mbrebet dr awal gas

    ReplyDelete
  78. Permisi mas.., mau tny scorpio std pakai master cam BRT karbu pe28 pj/mj 42/120 jarum gl pro klip no-2 dr bawah gejalanya gas lambat turun & langsam ga stabil tu knp ya mas.., mksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro, air srew (penyetel udara) didapat 2 putaran balik?
      pj di kurangin bro ke 40

      Delete
  79. Mas,,mau tny ninja rr saya pke pj 48 mj 152 knalpot dbs klo pke siang hari gas d betot dr lngsam ngok..tp klo pke mlm agak enakan..trus lngsam g stabil..knapa ya mas ??

    ReplyDelete
  80. Mas... motor saya byson,mesin+knalpot standard.
    Cdi brt+ filter racing jamur +busi iridium
    Gt pe 28 keihin jarum paten.
    Pj 38 mj 110.
    Keluhannnya di gas2 asap hitam+busi hitam kering+ turun gas terus panteng di rpm 4.000 ndut2an
    Knapa iya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro, asap hitam menandakan pembakaran bensin tidak sempurna (bensin terlalu banyak). jarum pe ori profil nya kurus bro.. ga sesuai untuk mesin 4 tak.

      Delete
  81. bro . motor jupiter mx saya spec vixion 150 berapa mj pj nya untuk carb nsr pe 28

    ReplyDelete
  82. Mau tanya mas bro... Mp 2007 spec stroke 4mm bandul tiger papas piston 2mm (masih bawaan mp)os.0,. Cdi brt hyper, pake karbu pwl ninja 26 pjmj 38/120 jarum tiger strip ke2 dr bawah , stelan udah enak tp kendala setiap kali langsung putar gas masih ngoook dan agak tersendat, busi hitam ... Yang cocok pake settingan pjmj brapa ya bro/ ganti jarum apa?

    ReplyDelete
  83. Mau tanya mas bro... Mp 2007 spec stroke 4mm bandul tiger papas piston 2mm (masih bawaan mp)os.0,. Cdi brt hyper, pake karbu pwl ninja 26 pjmj 38/120 jarum tiger strip ke2 dr bawah , stelan udah enak tp kendala setiap kali langsung putar gas masih ngoook dan agak tersendat, busi hitam ... Yang cocok pake settingan pjmj brapa ya bro/ ganti jarum apa?

    ReplyDelete
  84. Mari bergabung di WEDEQQ
    Terbaik, Teraman dan Terpercaya
    Player vs Player

    ReplyDelete
  85. RX king pe 28 fortingan harian ukuran BRP bos PJ mjny?

    ReplyDelete
  86. Om Thunder saya seher tiger, pe28,CDI std, suka brebet diputaran atas dan kalo gas langsung ditarik dari 0 ngok. Awalnya open filter normal aja, skrang pake filter dan saya stel lidah pelampungnya. Solusinya pake PJ & MJ ukuran berapa?

    ReplyDelete
  87. Om TS100 standar PJ MJ pake ukuran berapa?

    ReplyDelete
  88. Gan motor saya supra x 125 udah bore up pake piston pim 55mm,,,jadi saya pake karbu pe 28 orisinil tapi motor ane berebet di putaran bawah lalu motor ane susah hidup, sa pake pj mj 42 152 pake yang punya tdr apakah itu kegedean pm mj nyah? Mohon bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mj kegedean tuh Gan.. ukuran segitu cocok tuk 2tak 150 cc. pake mj 115 aja

      Delete
  89. PE28 emang terasa joss, tapi bikin sering ngapeli SPBU

    ReplyDelete
  90. Byson saya kondisi standar pabrikan semua kalo ingin pake karbu pe 28 kira2 pj mj ukuran brp ya?

    ReplyDelete
  91. mas mau nanya punya saya ninja rr 2014 mesin standar cuman pake kenalpot crempie ukuran pilot jet ama main jet'nya berapa eaa mas...tolong mas minta sara'nya🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  92. mas mau nanya punya saya ninja rr 2014 mesin standar cuman pake kenalpot crempie klo pake karbu PE28 ukuran pilot jet ama main jet'nya berapa eaa mas...tolong mas minta sara'nya🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  93. gan ane mau bertanya...
    motor cs1, kondisi mesin standar cuma knalpot aja dganti racing
    ane baru ganti karbu pe28 tpi mau dinyalahin susah bgt, sekalinya nyala mesin langsung meraung
    setelan angin dan gas udah dikecil dan gedein tetap aja gk mau turun
    ukuran pj:38 mj:110 (pe28)
    ukuran karbu lama pj:35 mj:108

    solusinya gmna ya gan biar normal?
    mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai pe28 pj38 mj108
      jarum skep bawaan pe paten ga ada stelannya tapi kurang tespon gimana solusinya ya gan

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. bro pake jarum skep gl pro, ada setelanya.. pastikan saluran intake tidak ada bocor, kalau masih kurang respon, campuran udara bahan bakar ga optimal dengan pe 28 di cs 1. tambah ubahan di mesin/upgrade

      Delete
  94. Kalo motor grand spek burkop karisma, bandul karisma stroke up, seker blitz joy. Karbu pe 28 pake pj mj berapaan mas?
    Matur suwun

    ReplyDelete
  95. mas bro mau nanya saya pake byson spek piston 60 pe 28 pj/mj 38/115 jarum gl neo tech posisi clip paling bawah filter ktc stainless stelan angin di kisaran 2,5 mendekatin 3 warna busi merah aga ke putihan tarikan bawah tengah enak pas atas aga kurang kaya tercekik kaya berat mesin panas kira kira apa yg harus di stting lagi masbro tolong solusi nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro.. Putaran atas campuran bb-udara kering.. Tampah MJ 1 step ke 118

      Delete
  96. Salam dr Malaysia bro .. sya pkai yamaha 125zr bro , mj 120 pj 36 open filter blok stdrd udh korek ,tp masalahnya plug masih kebasahan bro .. apa mau di kurangkan mj atau pj nya bro ? minta tolong sama kamu ya bro utk penjelasannya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam balik bro.. Kl plug basah, MJ di turunkan 1 step bro, 118 aja.

      Delete
  97. Gan mau tanya untuk satria fu , pj 42 main jet yg pas brp yaa ? Soalnya bli kw 1 dkasih main jet gede bgt 152 .. Knalpot racing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan.. Itu MJ tuk nsr sp.. Tuk Fu pake 115 aja Gan..

      Delete
  98. Mas Erwin Satria Fu karburator PE 28 knalpot pro liner DB killer, Poltergeist udara di lepas. Pj 42 MJ pakai part kit gl pro .jarum pakai gl pro posisi paling bawah . Langsam enak TPI bisa mati kalau di lampu merah. Dan saat di putaran 9000 smapai 10000 agak nahan dikit . Pj MJ yg pas brpa ya dan harus beli yg ori ya

    ReplyDelete
  99. Bang mau tanya. Saya punya thunder 125 ubahan CDi shogun dan knalpot racing pakai PE 28 ukuran pjmj 40/130 mbrebet sangat tarik an awal enak lama kelamaan mogok . Diubah pakai pjmj GL 35/98 malah gak bisa nyala. Tolong bantuanya om. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro.. Pk pJ tetap 40, MJ ganti 110..
      Ga kegedean pake pe 28 d shogun bro?

      Delete