ENJOY THE TIME

Saturday, November 21, 2015

volumetric efficiency pada motor dan mobil bensin

VOLUMETRIC EFFICIENCY pada mesin motor dan mobil


Apa maksud dari Volumetric Efficiency?

volumetric efficiency / efisiensi volumetrik (VE) adalah sebuah variabel yang menyatakan perbandingan antara volume udara yang masuk silinder dan volume silinder yang seharusnya.


bagian kepala silinder yang di bubut


Efisiensi volumetric sendiri adalah suatu variabel sangat besar pengaruhnya terhadapa performa engine motor. 
Semakin besar VE, semakin besar pula power maupun torsinya

Jadi kenaikan VE memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam peningkatan (upgrade) power dari engine motor.
Sistem intake pada engine motor kita adalah sistem  mengoptimalkan pemasukan (induksi) udara dan bahan bakar ke dalam silinder.



Bagaimana meningkatkan volumetric effisiensi:
Kita mengenal istilah porting polish, yaitu modifikasi cylinder head untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas campuran bahan bakar udara yang masuk ke silinder. 

contoh porting:

  • Memodifikasi inlet port, Jalur masuk diperbesar dapat menggunakan gerinda reamer.
  • Merubah jalur pemasukan sehingga memudahkan campuran lebih mudah lewat akan meningkatkan volumetric efficiency pula. 
  • Membentuk ulang jalur porting dengan belokan yang lembut, 
  • Merubah bentuk tulip klep,
Contoh polish
  • Memoles dinding porting. menggunakan alat untuk menghaluskan permukaan jalur masuk ke silinder.

Merubah timing bukaan klep ataupun menambah seberapa jauh klep membuka dipastikan akan meningkatkan efisiensi volumetrik. hal ini berkaitan dengan modifikasi cam shaft.
Rubahan pada noken as sehingga menjadikan klep intake mampu membuka lebih lama dan mengangkat klep lebih tinggi akan membuat kemungkinan pemasukan campuran udara/bahan-bakar lebih optimal.

Menjaga suhu jalur pemasukan (intake) tetap dingin dengan mengarahkan jauh dari kompartemen mesin. Dengan menjaga suhu bahan-bakar, kita tetap dapat menjaga campuran udara/bahan-bakar lebih dingin. Semakin dingin campuran bahan bakar , maka semakin tinggi efisiensi volumetriknya.Molekul udara dengan bahan bakar dapat lebih padat muatan atomnya (ikatannya lebih rapat = lebih gemuk) dibandingkan dengan suhu panas.

Ada hubungan yang sangat erat antara kurva sebuah mesin VE dan kurva torsi.

Massa udara masuk berbanding lurus dengan (a) kerapatan udara dan (b) efisiensi volumetrik
Pada mesin SOHC VE lebih dari 95% sudah sangat baik.

DOHC dengan empat atau lebih katup per silinder, VE paling tinggi adalah sekitar 115%, yang hanya dapat dicapai di bawah kondisi yang paling sangat maju, dengan asupan yang tepat dan exhaust tuning .

Umumnya, RPM di puncak VE bertepatan dengan RPM di puncak torsi. Dan umumnya, mesin otomotif jarang melebihi 90% VE.
mengapa mesin otomotif VE jarang melebihi 90%:
1. Persyaratan desain untuk mesin otomotif 
    torsi low-end, respon throttle yang baik, jarak tempuh yang tinggi, emisi rendah,                     kebisingan rendah,
2. Biaya produksi yang ekonomis,layak untuk komponen dalam produksi volume                       tinggi.
3. Effisiensi volumetric yang semakin tinggi membutuhkan pengerjaan yang lebih lama..           cylinder head membutuhkan waktu pengerjaan yang tidak sedikit untuk menyempurnakan     jalur masuk (port).



Dengan meningkatkan efisiensi volumetrik, engineer otomotif bisa memaksimalkan power dari desain mesin yang lebih kecil, menjaga ekonomis bahan bakar yang baik/lebih efisien.

0 komentar:

Post a Comment