SISTEM PENDINGINAN MESIN MOTOR ATAU MOBIL
Apa sih sistem pendinginan atau cooling system itu?,
Salah satu sistem yang ada di mesin, mesin pembakaran dalam, dengan bahan bakar bensin atau solar yang dibuat untuk memperoleh suhu kerja mesin yang sesuai spec mesin sehingga kinerja mesin optimal.
Sistem
pendinginan pada komponen-komponen mesin karena panas hasil pembakaran, hasil gesekan bearing, kontak antar gear/gigi, yang menghasilkan panas pada mesin.
Tanpa cooling sistem apa yang terjadi :
- Mesin macet (jamed) / ngejim. panas semakin tinggi di silinder dan piston, ring piston, mekanisme valve, membuat komponen tersebut memuai sampai menahan putaran mesin.. ini ga butuh waktu lama.. jadi kalau sudah ada tanda indikator di dashboard temperatur di atas normal, sebaiknya di check, sebelum... keluar biaya besar untuk perbaikan.
Sistem pendinginan pada beberapa jenis mesin hanya mengandalkan udara, biasanya sirip-sirip pada silinder block dan cylinder head yang panjang, dan ada penambahan blower (kipas).
sistem pendinginan pada mesin kompresi tinggi dan cc yang besar , mobil wajib menggunakan pendinginan cairan, radiator, kipas agar pendinginan lebih maksimal.
Oli sangat berperan dalam sistem pendinginan mesin.
Tanpa cooling sistem apa yang terjadi :
- Mesin macet (jamed) / ngejim. panas semakin tinggi di silinder dan piston, ring piston, mekanisme valve, membuat komponen tersebut memuai sampai menahan putaran mesin.. ini ga butuh waktu lama.. jadi kalau sudah ada tanda indikator di dashboard temperatur di atas normal, sebaiknya di check, sebelum... keluar biaya besar untuk perbaikan.
Sistem pendinginan pada beberapa jenis mesin hanya mengandalkan udara, biasanya sirip-sirip pada silinder block dan cylinder head yang panjang, dan ada penambahan blower (kipas).
sistem pendinginan pada mesin kompresi tinggi dan cc yang besar , mobil wajib menggunakan pendinginan cairan, radiator, kipas agar pendinginan lebih maksimal.
Oli sangat berperan dalam sistem pendinginan mesin.
Temperatur
air pendingin yang tinggi akan didinginkan di radiator.
Pada sistem pendingin
engine, temperatur air pendingin atau coolant dijaga antara 70-90°C.Komponen cooling system
RADIATOR
•Sebagai pendingin air pada engine, air radiator didinginkan dengan bantuan udara luar (hembusan/hisapan dari fan).
Reservoir radiator sebagai tangki cadangan coolant apabila air radiator berkurang. Bila coolant selalu berkurang dan ditambah setiap pemakaian mengindikasikan adanya leaking di system.
Water pump
•Pompa air dengan tekanan rendah dan
kapasitas besar untuk mensirkulasikan
air dalam sistem pendinginan
•Mempergunakan pompa jenis sentrifugal
Sistem pendinginan atau cooling system
Saat mesin masih dingin ( thermostat tertutup ) sirkulasi coolant melewati by-pass, tidak bersirkulasi melalui radiator samapai tercapai temperature kerja mesin ( thermostat terbuka ).
Saat mesin mencapai temperatur kerja mesin thermostat membuka mensirkulasikan coolant melewati radiator yang dibantu proses pendinginanya oleh fan.
Coolant pump menghisap coolant dan mensirkulasikan ke block cylinder mendinginkan cylinder, oil cooler, dan diteruskan ke bagian cylinder head mendinginkan head dan valve mechanism.
Pada beberapa kendaraan atau alat system pendinginan ini dimanfaatkan sebagai heater ke kabin dan sebagainya.
THERMOSTAT
•Berfungsi mengatur
membuka dan menutup aliran air ke radiator, sehingga temperatur air pendingin
terjaga 70°-90°C
•Mencegah timbulnya
overheating dan mempercepat tercapainya temperatur kerja engine saat mulai
operasi
Fan Radiator
Berfungsi menghembuskan atau menghisap panas di radiator sehingga proses pendinginan pada radiator lebih maksimal.
Fan digerakan oleh motor listrik atau fan belt yang di connect ke pulley.
Sistem pendinginan atau cooling system
Saat mesin masih dingin ( thermostat tertutup ) sirkulasi coolant melewati by-pass, tidak bersirkulasi melalui radiator samapai tercapai temperature kerja mesin ( thermostat terbuka ).
Saat mesin mencapai temperatur kerja mesin thermostat membuka mensirkulasikan coolant melewati radiator yang dibantu proses pendinginanya oleh fan.
Coolant pump menghisap coolant dan mensirkulasikan ke block cylinder mendinginkan cylinder, oil cooler, dan diteruskan ke bagian cylinder head mendinginkan head dan valve mechanism.
Pada beberapa kendaraan atau alat system pendinginan ini dimanfaatkan sebagai heater ke kabin dan sebagainya.
Gauge and switch sensor coolant
coolant level sensor dan collant temperatur sensor dilengkapi di mesin untuk memudahkan driver atau operator mengecek kondisi mesin.
selain dihubungkan ke gauge biasanya juga di connect ke alarm agar pengemudi atau operator lebih cepat mengetahui kondisi mesin.
Tips maintenance cooling system:
1. Selalu gunakan engine coolant, karena titik didih pada coolant lebih tinggi dari air, dan titik beku lebih rendah. pada coolant mengandung anti corotion/karat, component engine dan radiator lebih awet
2. Pastikan radiator dalam keadaan bersih agar pendinginan maksimal. semprot radiator dengan air atau angin agar kotoran di sirip terbuang. perlu diperhatikan saat menyemprot tidak merubah bentuk dari fin/sirip, perbaiki posisi sirip jika menutup alur angin
3. Periksa ketinggian coolant di radiator dan reservoir sebelum mesin dihidupkan
4. Periksa kipas dan fan belt, tensioner, electrik kipas. ini bagian dari pengecekan sebelum berkendara. jangan sampai fan belt putus atau tidak berputar saat diperjalanan
5. Saat berkendara sesekali perhatikan penunjuk suhu coolant mesin. temperatur dalam posisi di normal
6. Lakukan pergantian coolant rutin sesuai service manual
0 komentar:
Post a Comment