motor mogok waktu hujan
Musim hujan datang,
tidak menjadi masalah jika kondisi mesin tetap normal saat menerobos hujan,
tapi.. bila motor tiba2 seperti kehilangan tenaga dan ga berapa lama mesin motor mati, padahal sebelum hujan motor normal dan ga ada keluhan..
tapi.. bila motor tiba2 seperti kehilangan tenaga dan ga berapa lama mesin motor mati, padahal sebelum hujan motor normal dan ga ada keluhan..
kebetulan motor yang saya pakai satria FU 05, karbu ok ga ada kebocoran,
terus saya coba cek lubang pembuangan air di bawah knalpot dan membersihkannya dengan potongan kawat las.. lubang ini bila tersumbat maka bila ada air di lubang area busi maka air akan mengendap, pasti busi ga bisa percikkan api.
terus saya coba cek lubang pembuangan air di bawah knalpot dan membersihkannya dengan potongan kawat las.. lubang ini bila tersumbat maka bila ada air di lubang area busi maka air akan mengendap, pasti busi ga bisa percikkan api.
Grese tipis di insulator keramik busi
Begitu ada hujan lagi, ternyata mesin motor masih mati setelah beberapa menit menerobos hujan, apalagi kalau hujan besar, sebentar aja mati.. di start hidup sebentar, terus mogok lagi
hmmm. tidak mau terulang lagi, saya coba membuka busi. ketika diamati di sekitar busi, terdapat titik2 air, saya curiga ini biang keladinya..
Penasaran, saya coba mengoles grease high temperature / tahan panas tinggi ( gemuk ) pada insulator keramik busi.
Penasaran, saya coba mengoles grease high temperature / tahan panas tinggi ( gemuk ) pada insulator keramik busi.
ini saya lakukan agar air yang menguap saat kena mesin tidak menempel pada keramik busi yang berfungsi sebagai insulator,
tipis saja dioles, jangan kena ujung penghantar listrik. dan tentunya grese yang dioles tidak menghantarkan listrik ( bukan untuk elektrik ).
tipis saja dioles, jangan kena ujung penghantar listrik. dan tentunya grese yang dioles tidak menghantarkan listrik ( bukan untuk elektrik ).
hasilnya, saat motor menerobos hujan lebat sekalipun, motor tetap hidup dan performanya normal.
mengapa hal ini terjadi?
ketika listrik dari koil ke ujung busi bocor (karena air) maka api yang dipercikkan busi akan kecil , tegangan dari koil sekitar 5000-25000 V , tergantung spek mesin.
kalau api busi kecil atau hilang maka mesin langsung mati,
dengan adanya grease di keramik maka uap air tidak menempel di keramik busi dan arus listrik tidak bocor
Add caption |
Add caption |
oles grease tipis agar air tidak mnenempel di insulator sehingga menggagu kerja busi.
Sekian tips ini, walaupun agak beda, tapi sudah terbukti.. hujan, lanjut....
para Member setia Fansbetting,
ReplyDeleteuntuk kalian para pecinta permainan casino online
yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar
kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami
bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.70% untuk kalian semua
dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian,
jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya
kalian bisa bermain bersama kami . fansbetting.com
* CLAIM NOW AND JOIN US *
Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
WA : +855963156245^_^
Ayo tunggu apalagi !!