Motor Matic
Memilih sepeda motor
baru, terutama motor matic, tentu menjadi dilema terendiri bagi setiap orang,
ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan seperti irit, spec, dan garansi.
Biasanya ada beberapa faktor yang menentukan orang dalam membeli sepeda motor matic:
1. Tingkat konsumsi BBM
2. Irit dan Handal
3. Sparepart
4. Jaringan servis
5. Spesifikasi & Teknologi
Type and merk matic
1. Yamaha Mio J
Motor terbaik 1 : yamaha mio jMerupakan penerus dan suksesor
dari pendahulnya yang sangat populer, yaitu Yamaha Mio. Yamaha Mio J kini hadir
dengan desain yang kompak dan simple, namun menarik.
Teknologi Mio J
Tidak berbeda jauh dari generasi sebelumnya. Yamaha Motor
Indonesia menyematkan teknologi injeksi mereka, yaitu YMJET – FI yang membuat
konsumsi bahan bakar Mio J menjadi jauh lebih irit dari Mio Karburator yang
konon boros bahan bakar.
2. Yamaha GT 125
Motor Terbaik 2 : mio gt 125Motor Matic lainnya terbitan
Yamaha Motor Indonesia, Yamaha GT 125. Yamaha GT 125 adalah penerus Yamaha Xeon
125 dan Xeon RC 125.
3. Honda Vario 125 ISS
Motor mati terbaik 3 : Honda Vario 125 ISSPasar motor matic
juga diramaikan oleh motor matic keluaran Honda. Adalah Honda Vario Techno 125
ISS yang menjadi competitor dari Yamaha GT 125 dan Suzuki Skywave.
Harga Honda Vario 125 ISS
Motor Matic Terbaik 4 : Honda Beat FiDaftar selanjutnya
adalah sepupu dari Honda Vario 125 ISS, yaitu Honda Beat Fi. Masuk ke pasaran
untuk menggantikan eksistensi Honda Beat yang masih menggunakan karburator.
5. Honda PCX
Motor matic terbaik 5: Honda PCXSalah satu motor matic kelas
menengah atas keluaran Honda, yaitu Honda PCX. Merupakan salah satu motor matic
terbaik yang ada saat ini. Dengan desain bodi yang sangat gagah, namun sangat
nyaman, membuat motor ini menjadi salah satu motor matic terbaik di Indonesia.
6. Suzuki Nex
Motor Matic Terbaik 6 : suzuki nexPabrikan Suzuki pn tidak
mau kalah dalam persaingan motor matic kelas 110 CC. Suzuki Nex merupakan
produk unggulan Suzuki pada kelas ini. Diusung untuk melawan Honda Beat FI dan
Yamaha Mio J, Suzuki nex memiliki keunggulan yang sangat jauh pada sistem
konsumsi bahan bakarnya.
7. Vespa LX 150
Motor matic terbaik 7 : Vespa LX 150Seiring dengan
perkembangan teknologi dan jaman, pasar motor matic di Indonesia semakin
diramaikan dengan berbagai macam motor dari berbagai merk.
8. Piaggio Liberty 100
Motor matic terbaik 8 : Piaggio Liberty 100Apabila anda
ingin memiliki motor khas italia, namun memiliki dana yang cukup untuk meminang
vespa 150 series, anda dapat melirik Piaggio Liberty 100.
9. Yamaha Mio Fino
Motor matic terbaik 9 : Yamaha Mio FinoPasar motor matic di
Indonesia juga menghadirkan model skuter matic, seperti PIaggio dan Vespa.
Namun tak hanya pabrikan Italia, Yamaha pun merilis juga skuter matic mereka,
yaitu Mio Fino. Yamaha Mio Fino memiliki konsep skuter matic Italia. Dan
menurut saya, Yamaha Mio Fino memiliki bentuk yang jauh lebih menarik daripada
pesaing – pesaingnya dari merk Suzuki dan Honda.
10. Yamaha X-Ride
Motor matic terbaik 10 : yamaha x-ride
11. Yamaha NMAX 155
Pasar Moge Matic di Indonesia sepertinya bakal ramai ditahun
2015 ini. Besarnya pangsa pasar motor matic di Indonesia membuat Yamaha Motor
Company (YMC) kembali memberi kepercayaan pada Indonesia untuk membuat Motor
Matic Besar Yamaha NMAX 155 cc Terbaru 2015. Motor Matic Premium ini juga akan
menjadi model global ke-2 yang diproduksi PT YIMM setelah Yamaha R25. - See
more at: http://otozones.blogspot.com/2015/01/motor-matic-besar-yamaha-nmax-155-cc.html#sthash.4R9jl62T.dpuf
Tren Motor Matic di Indonesia
Selain banyaknya pasaran motor bebek dan motor sport di
Indonesia, ternyata motor matic juga memiliki pasaran yang fantastis. Hal ini
dapat dibuktikan melalu banyaknya tipe motor matic yang berseliweran di jalanan
kota. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh tren motor dengan transmisi matic
yang berasal dari Thailand. Thailand juga memiliki motor matic yang jenisnya
hampir sama dengan di Indonesia. Kiblat tren motor matic ini pun akhirnya
menular ke Indonesia, dimana hampir semua warganya memiliki motor.
Kelebihan Motor Matic
Selain itu motor dengan transmisi otomatis atau motor matic
ini juga memberikan keunggulan yang lebih, yang tidak dimiliki oleh motor
berjenis manual. Salah satunya adalah kemudahan dalam berkendara. Ya, pengguna
motor matic tidak perlu repot memperhitungkan perpindahan gigi dan menekan tuas
kopling. Cukup memutar grip gas, maka si motor akan segera melaju. Hal ini akan
sangat berguna ketika sedang berada di kemacetan, anda tidak perlu pegal pegal
menahan kopling.
Selain itu, dimensi dan bobot serta kenyamanan dari motor
matic patut diacungi jempol. Sangat cocok untuk berpergian sehari – hari, dan
juga sangat ramah terhadap rider wanita, dengan rata – rata wheelbase yang
renda, membuat motor jenis matic ini banyak menjadi pilihan masyarakat
Indonesia.
Penting Untuk Diingat
Itulah beberapa daftar motor matic terbaik yang ada di
Indonesia. Daftar ini dibuat berdasarkan banyak faktor, mulai dari harga,
spesifikasi kendaraan, tingkat popularitas, dan desain dari motor matic.
Apabila terdapat beberapa motor matic yang populer, namun tidak masuk ke dalam
daftar tersebut, bukan berarti motor tersebut jelek, namun ada beberapa faktor
yang menyebabkan motor tersebut tidak masuk ke dalam daftar.
Disclaimer
Perlu anda ketahui, semua hasil
konsumsi bahan bakar pada daftar motor di atas tidak bersifat mutlak. Hal ini
disebabkan karena banyak sekali variabel lain yang mempengaruhi. Jumlah
konsumsi bahan bakar minyak yang diperoleh terkadang melalui metode pengetesan
yang berbeda – beda pad tiap pabrikan atau pihak penyelenggara. Ada yang
menerapkan sistem control yang sangat ketat, seperti membatasi kecepatan, dan
beban pengendara.
Namun demikian walaupun memiliki
hasil yang relative dan tidak mutlak, paling tidak hasil dari daftar – dafta di
atas dapat menjadi acuan bagi anda semua dalam memilih motor yang memiliki
efisiensi bahan bakar yang baik. Dan juga dapat menepis beberapa anggapan serta
statement yang berlaku di masyarakat, seperti motor sport sangat boros, atau
motor matic boros, dan sebagainya. Bijaklah dalam memilih motor dan gunakan
motor anda seefisien mungkin agar pencapaian konsumsi bahan bakar yang optimal
bisa anda peroleh tanpa harus menggunakan alat – alat penghemat bahan bakar
yang memiliki kemingkunan merusak sistem pada motor anda.
Jakarta - Sekarang, beli motor yang irit bahan bakar jadi
penting. Untungnya, pabrikan motor di Tanah Air beberapa tahun belakangan ini
sudah menyuguhkan produk berinjeksi yang hemat bahan bakar. Belum lagi adanya
aturan bahwa per 1 Januari 2015 mendatang, semua model motor baru di Indonesia
sudah harus menggunakan teknologi injeksi.
Skutik 110 cc
Ada 4 skutik yang bertarung dan berebut kue penjualan di
kelas 110 cc. Dengan sama-sama bertubuh ramping, 3 skutik lahir dari dari
pabrikan Jepang dan 1 dari India.Skutik dari pabrikan Jepang (Honda BeAT FI,
Suzuki nex dan Yamaha Mio J), sudah mengaplikasikan mesin dengan sistem
injeksi. Sedangkan TVZ Dazz, masih yakin dengan karburator sebagai pemasok
bahan bakar ke mesin.
Dari 3 pesaingnya di kelas ini, BeAT FI jadi skutik yang
kebutuhan bahan bakarnya paling irit. Catatannya dengan 1 liter bahan bakar
jenis Pertamax, jarak yang ditempuh 42 km.Selain yang bertubuh langsing, kelas
skutik 110 cc ini juga diisi oleh produk berbadan bongsor. New Vario FI dan
Soul GT jadi 2 produk yang bersaing head to head.Soal konsumsi bahan bakar saat
test ride, New Vario FI lebih irit dengan 42.5 km/liter.
Honda BeAt FI : 42 km/L
Suzuki nex FI : 41,3 km/L
Yamaha Mio J : 41 km/L
TVS Dazz : 35,7 km/L
Honda New Vario FI : 42,5 km/L
Yamaha Soul GT : 41,3 km/L ]
Skutik 125 cc
Di era yang sudah injeksi, skutik yang bertarung dikelas 125 cc enggak banyak. Bahkan Suzuki yang membuka pasar skutik 125 cc, belom mengeluarkan senjatanya.Untuk skutik 125 cc injeksi (Honda Vario 125 CBS ISS dan Yamaha GT125 Eagle Eyes) hasil tes yang irit dalam pemakaian bahan bakarnya adalah Vario 125 CBS ISS (44,65 km/kiter).
Honda Vario 125 CBS ISS : 44,6 km/L
Yamaha GT 125: 36,6 km/L
Skutik Retro
Enggak hanya skutik berbodi modern saja yang beredar dan dibutuhkan konsumen. Beberapa skutik dengan tampang retro, ternyata juga diminati oleh konsumen Tanah Air.
Pilihannya di segmen skutik retro ada Honda Scoopy, Suzuki Let’s dan Yamaha Mio Fino. Dari hasil tes ride, mesin 110 cc injeksi milik Mio Fino yang teririt dengan 43 km/liter.
Yamaha Mio Fino : 43 km/L
Honda Scoopy FI : 42,7 km/L
Suzuki Let's : 40 km/L
Enggak hanya skutik berbodi modern saja yang beredar dan dibutuhkan konsumen. Beberapa skutik dengan tampang retro, ternyata juga diminati oleh konsumen Tanah Air.
Pilihannya di segmen skutik retro ada Honda Scoopy, Suzuki Let’s dan Yamaha Mio Fino. Dari hasil tes ride, mesin 110 cc injeksi milik Mio Fino yang teririt dengan 43 km/liter.
Yamaha Mio Fino : 43 km/L
Honda Scoopy FI : 42,7 km/L
Suzuki Let's : 40 km/L
Data test
All New Yamaha Soul GT : 45 km/lt
New Yamaha Mio M3 : 46 km/lt
All New Honda BeAT eSP : 47,2 km/lt
Honda Vario FI : 42,5 km/lt
Suzuki Address : 40 km/lt
Suzuki nex FI : 41,3 km/lt
Yamaha Mio J : 41 km/lt
All New Yamaha Soul GT : 45 km/lt
New Yamaha Mio M3 : 46 km/lt
All New Honda BeAT eSP : 47,2 km/lt
Honda Vario FI : 42,5 km/lt
Suzuki Address : 40 km/lt
Suzuki nex FI : 41,3 km/lt
Yamaha Mio J : 41 km/lt
0 komentar:
Post a Comment