ENJOY THE TIME

Wednesday, December 27, 2017

Motor susah hidup setelah lama parkir

Motor susah hidup setelah lama parkir


Hal yang menyebalkan setelah motor parkir lama atau ditinggalkan berhari-hari saat dihidupkan. Hal ini sering terjadi pada mesin motor yang umurnya tinggi atau kilometer tinggi. Padahal terakhir pakai normal-normal aja..
Sebenarnya apa penyebab motor jadi sulit hidup???
-Seperti kita ketahui motor berbahan bakar bensin membutuhkan kompresi udara BB sebelum langkah usaha. Kompresi mesin seiring umur mesin dan pemakaian maka akan berkurang dari standar pabrik.. mengapa hal itu terjadi? Keausan ring piston dan silinder, klep (Valve) yang berkurang kepresisiannya, kebocoran klep yang disebabkan tumpukan karbon.
- oli setelah lama mesin tidak hidup, maka akan turun ke bak oli/Carter/pan, tentunya oli yang berfungsi sebagai seal kompresi di ring piston akan turun. Sehingga kompresi yang diinginkan untuk start/hidup tidak cukup.
- campuran BB udara yang miskin, padahal saat start campuran harus kaya yang artinya membutuhkan bensin yang lebih banyak.

Jadi, bila motor sulit hidup maka:

- gunakan choke agar campuran BB lebih kaya ( mesin pakai karburator)
- engkol (kick starter) dan starter berulang-ulang, hal ini bertujuan agar oli mesin dipompa ke piston sehingga kompresi lebih padat. Bila kaki agak lelah maka jeda istirahat, bila gunakan starter dijeda agar motor starter tidak terbakar..
- kompresi belum mencukupi, terasa ringan saat di engkol, tahanan sedikit.. tetapi bila terus diengkol atau starter maka kompresi mulai terasa padat, dan mesin mulai ada tanda kehidupan😁😁..
- setelah mesin hidup tahan rpm di atas idle dan panaskan mesin.

Selamat mencoba, jangan menyerah guys..



Related Posts:

  • motor klasik 70 an motor klasik menengah era 70 an hampir menyentuh 50 tahun, setelah motor kelas menengah ini ( 500 cc ) diproduksi masal, sebutan klasik melekat, . Tapi bila dilihat modelnya tidak habis digerus zaman..... masih enak dilihat.… Read More
  • karburator motor Karburator motor Fungsi karburator Syarat terjadinya proses pembakaran ada 3: panas(api/kompresi), udara(oxygen), bahan bakar(fuel:bensin,..). Karburator menyediakan campuran udara dan fuel yang ideal untuk proses pemba… Read More
  • oktan number di mesin bensinOktan Number Oktan number adalah pengukuran dari bahan bakar/bensin untuk mengurangi knocking. Persyaratan oktan mesin bervariasi dengan rasio kompresi, geometris dan pertimbangan mekanis dan kondisi operasi Semakin tingg… Read More
  • 250 cc tercepat motor 250 cc tercepat Persaingan motor 250 cc  semakin ketat, kawasaki dengan ninja 250, yamaha R 25, dan honda cbr 250, menanti suzuki yang belum mengeluarkan motor sport 250 cc ( sebslumnya Inazuma, semi touring). … Read More
  • karbu vs injection karbu vs injection VS Karburator dan injeksi bahan bakar keduanya memiliki tugas yang sama, yaitu untuk mengabutkan bahan bakar dan udara dengan rasio yang tepat untuk menghasilk… Read More

3 komentar: